Berbalas Surel Dengan Admisi University of Canterbury!

  Halo teman-temanku yang budiman! Bagaimana kabarnya hari ini? Selalu baik, luar biasa! Hanatta kali ini mau bawain apa ya? Oke, sesuai janji aku di postingan sebelumnya, aku akan menyajikan bagaimana cerita surat menyurat secara elektronik antara aku dengan ... Admisi Universitas Canterbury! Udah nggak sabar nih? Yaudah, yuk langsung kita intip aja isi surelnya! (Oh iya, semua gambar hasil screenshot surelnya bakal aku usahain bisa ke-upload semua, tetapi untuk mengurangi resiko gagal upload, aku juga menyertakan copy text dari surelnya ya.) ☺






Kia ora Sripandit,


Warm greetings from UC and thank you for your application to study a

Bachelor of Forestry Science starting in July, 2020.


In order for us to begin assessing your application, could you please

provide the following:


- Academic Documents: Full transcripts, including grading scale, for

secondary/ high school qualifications. Please also include transcripts for

any tertiary-level study you have undertaken, even if incomplete.


- Your English Language results, if available.


If any of the documents were NOT issued in English, please supply an

official English translation, as well as the original language documents.


Please send your academic documents with their translation to us at your

earliest convenience, as we are unable to begin assessing the application

until we receive them.


We look forward to hearing from you soon.


Best regards,

Maud Berjaud-Zarzi

Admissions Office | Tari Whakauru

University of Canterbury | Te Whare Wananga o Waitaha


Nah, itu dia isi dari surel yang dikirimkan oleh Admissions University of Canterbury sehari sebelum pengumuman SNMPTN resmi dirilis. Oh iya, bagian 'Kia Ora, Sripandit' kalau kalian bingung, Sripandit itu nama depan aku, kalau Hanatta kan nama belakang (nama tengahnya rahasia ya hehehe). 😆


Emm, kemarin ada yang nanya nih secara pribadi ke aku lewat pesan singkat, "Udah beneran diterima?" begitulah kira-kira isinya. Jujur, dari aku sendiri aku belum tahu itu beneran bakal diterima atau enggak (ini salah satu faktor yang ngebuat aku bingung memilih) soalnya, di surel tersebut, mereka meminta aku untuk melengkapi data pendaftaran yang sebelumnya sudah aku isi. Bisa jadi calon mahasiswa baru masih di seleksi lagi, dan bisa juga memang sudah diterima. Aku juga sedikit kaget karena ternyata aku sudah punya ID student (kurasa itu sama seperti NIM? CMIIW) makanya, aku jadi bingung. Ini sebenarnya maksud dari surel yang dikirim adalah bentuk penerimaan, permintaan kelengkapan berkas untuk seleksi, atau permintaan kelengkapan berkas untuk sekedar formalitas (mungkin yang daftar sedikit?), atau permintaan kelengkapan berkas untuk diteliti ulang isinya (saat pendaftaran, aku memasukkan beberapa nilai dan informasi lain, seingatku ya). Setelah fix lolos SNMPTN, aku mendiamkan surel tersebut selama beberapa hari, sampai pada akhirnya mereka kembali mengirimiku surel. Beginilah isi copy text dari surel yang mereka kirimkan (ID student aku sensor ya). 😋





Name: Sripandit /sensored/ Hanatta

Student ID: 4/sensored/5


Dear Sripandit

Please find attached communication from the University of Canterbury confirming receipt of your Application.


If you have difficulties reading the attached PDF, you may not have Adobe Reader installed. To download a copy, please go to: http://www.adobe.com/products/acrobat.html


If you have any queries, please do not hesitate to contact us:

Telephone: +64 3 364 2555 or 0800 VARSITY (0800 827 748) in NZ

Email: admission@canterbury.ac.nz

Website: www.canterbury.ac.nz


Regards


Admissions Team

Student Services

University of Canterbury

Private Bag 4800

Christchurch



Begitulah isinya teman-teman. Aku jadi makin bingung karena di surel kedua ini, seperti yang sudah aku bilang di paragraf sebelumnya, di surel ini terdapat ID student, yang artinya seharusnya student yang telah memiliki ID sudah diterima bukan? CMIIW. Dan pada bagian "Please find attached communication from the University of Canterbury confirming receipt of your Application" itu membuat aku merasa kalau benar diterima, atau setidaknya hampir diterima. 😇


Aku masih diam dan nggak membalas e-mail itu, lagi. ㅠㅠ Dan selanjutnya, datanglah surel yang ketiga kalinya. Isinya sebagai berikut : (lupa nggak screenshot hehe).



Pada tanggal Rab, 29 Apr 2020 3:11 PM, <canterbury.admissions@prospectivestudent.info> menulis:


University of Canterbury


UC ranking | Christchurch | Accommodation | UC student community | Request a Call 


Kia Ora Sripandit,


Thank you for your interest in studying at the University of Canterbury!


Our records indicate that we have not yet received your full application for our Admissions team to make a complete assessment.


Please refer to the outstanding documentation you need to provide. Our Admissions team can only assess your application and provide you with a full response after you send us the outstanding documentation.


Do let us know how we can support you in completing your application. Alternatively, if you’ve made other plans, and do not plan to study at UC, we’re sorry to hear that. Please do let us know, as we will need to withdraw your application.


Want to learn more about UC? Click here to download our International Student Guide.


Should you have any further questions, please feel free to request a call with us or email us with your enquiries. We are more than happy to call you according to your availability.


If you have applied through an agent, please make sure to keep them informed of your plans.


We look forward to welcoming you to UC!



Ngā mihi


International Student Enquiries Manager

University of Canterbury

Phone: + 64 3 364 3443

Email: canterbury.admissions@studentinquiry.info

Web: http://www.canterbury.ac.nz/



Facebook  Twitter  You Tube  Instagram  Snapchat  LinkedIn  We Chat


 International

© University of Canterbury


 Default Image


Dalam kalimat "Our records indicate that we have not yet received your full application for our Admissions team to make a complete assessment," berarti mereka tengah menunggu kelengkapan berkasku. Dan dalam kalimat "alternatively, if you’ve made other plans, and do not plan to study at UC, we’re sorry to hear that. Please do let us know, as we will need to withdraw your application," akhirnya aku sadar, seharusnya aku memberi mereka balasan. 😭


Aku merasa bersalah membuat mereka mengirimiku surel berkali-kali seperti itu. Aku yang mendaftar, berarti aku ingin lolos. Dan ketika diberi arahan, aku justru diam. Maka dari itu, aku akhirnya mengumpulkan segenap niat dan mengirimi mereka surel balasan. Kemudian, inilah balasan surel dariku untuk mereka :




Dear admissions of University of Canterbury.


Actually, im so sad for saying this now. I really want to study at UC, but it can not be now. I have to received as a student at domestic university in my country, Indonesia. 


This is happened because i have to waited for a long time for University of Canterbury response to my application. And then when the admissions of UC send me an e-mail, there was too late. 


I can not go to the UC and leave my domestic university because we have a pledge that countains 'if i leave my domestic university, my ex high school will be blocked from that college.' So there will not be students from my ex high school can be received at that university.


Im really sorry for saying this. So sick to facing this fact are true. Dear UC, would you give me a second chance if i have to get my UG here? So i can continue my study at University of Canterbury (there was my biggest dream) after i finished my study here. 


With a great dream,

Sripandit /sensored/ Hanatta.

Show quoted text



Maaf kalau bahasa inggrisku awut-awutan ya. Aku nggak pakai kamus atau apapun waktu itu, soalnya buru-buru. ㅠㅠ


Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya mereka pun membalas surel dariku. Beginilah isinya :




Kia ora Sripandit,


 


Thank you for your email.


 


We understand your predicament and please be aware that you can reapply to UC at any time in the future. Upon completion of your bachelor, we urge you to go online and make an application, similar to how you did for your UG. Your application will be considered and once it passes all the preapproval and programme requirements you will be notified of the decision. We wish you luck and look forward to hearing from you.


 


Best Regards,


Application Advisor | Kaitohutohu Tono


Admissions Office | Tari Whakauru

University of Canterbury | Te Whare Wananga o Waitaha


Private Bag 4800 | Christchurch 8140 | New Zealand | www.canterbury.ac.nz



Sedih banget sewaktu membaca surel yang terakhir. Good bye New Zealand, tapi katanya  "Upon completion of your bachelor, we urge you to go online and make an application, similar to how you did for your UG. Your application will be considered and once it passes all the preapproval and programme requirements you will be notified of the decision. We wish you luck and look forward to hearing from you," membuatku jadi semangat lagi. ㅠㅠ


Mungkin ada yang bertanya-tanya nih, kenapa aku nggak coba kirim berkasnya? Oke, ini jawabannya :

1. Sedang dalam masa pandemi, aku masih takut,

2. Aku juga belum mahir sejuta persen berbahasa Inggris, aku mengakuinya,

3. Aku sudah diterima SNMPTN di negeriku sendiri,

4. Aku sudah mendapat sebuah beasiswa juga,

5. Aku bingung mencari penerjemah tersumpah, dan takut biayanya mahal juga sih (yang tahu biayanya, boleh coba share di kolom komentar ya),

6. Aku bingung sistemnya, karena kurang menggali informasi, padahal mah tinggal baca aja guideline yang udah dikirimin sama mereka atuh,

7. Aku nggak yakin itu beneran fully funded apa enggak, tapi setahuku iya (cari gih informasinya),

8. UNSOED adalah jalan ninjaku, hehehe. 😍


Oiya, kemarin ada yang bertanya juga, bagaimana cara mendaftarnya? Secara khusus, aku sudah lupa, pelupa banget nih! Tapi, kamu cukup mencari informasi-informasi international scholarship di google, nanti bakal ketemu kok. Kalau pengalamanku sendiri, aku cari-cari aja dan asal klik gitu, pokoknya yang tulisannya beasiswa ya langsung aku klik daftar dalam rangka kebingungan karena belum bisa memfinalisasi akun LTMPT kala itu. Sampai temanku sendiri bilang, “Ih, jangan ngawur! Nanti kalau berbayar gimana?” tanyanya, dan aku hanya tertawa, hehehe. Kedepannya, kalian jangan sampai seperti aku ya, asal daftar begitu, jadi nggak bisa berbagi informasi ke orang lain. Kalian besok harus gali informasi sebanyak-banyaknya agar kalian bisa berbagi dengan orang lain secara lebih detail lagi, oke?! Untuk University of Canterbury sendiri, cari saja dengan keyword 'Beasiswa University of Canterbury' siapa tahu kamu beruntung, loh! Semoga berhasil ya! 💓

Oiya, buat yang nanya juga, University of Canterbury itu dimana letaknya? Jadi letaknya ada di Cristchurch, New Zealand (Selandia Baru) ya. 💫


Selamat mencari beasiswa, semoga lolos ya! 💞

Oke, kiranya sekian yang bisa aku sampaikan kali ini, selamat berjuang, selamat berproses, dan menang! Semoga kisah yang aku bagi hari ini bisa membangkitkan semangat kalian ya! Pokoknya, mari terus berjalan di sisi positif! 😍


Untuk postingan selanjutnya, kira-kira bakalan ada apa ya? Oke, seperti biasa, aku akan spill sedikit. Jadi, di postingan selanjutnya, aku bakal berbagi menu yang berbeda dari empat menu yang terakhir kali aku post ini. Jadi, menu selanjutnya adalah tentang ‘choeum buteo’, dalam menu tersebut, ada beberapa varian. Di menu ‘choeum buteo’, aku akan menceritakan berbagai pengalaman yang ‘pertama kali’ aku rasakan dalam hidup. Udah siap belum? Udah dong! Kepo nggak nih? Kepo dong! Oke, jangan berhenti belajar ya! Tunggu postingan selanjutnya, and happy reading! 💆‍♂💆‍♀


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mata Kuliah pada Semester 1?!—Ilmu Gizi UNSOED

Run, Run, Run! Pesawat Hampir Lepas Landas!

Bagian Sembilan